Pahitnya Coklat dari Aceh Tenggara

Pogram primadona pemerintah Aceh Tenggara tahun dari 2010 adalah menjadikan Aceh Tenggara sebagai daerah penghasil kakao terbesar di Aceh. hal ini dibuktikan dengan dianggarkannya mencapai 1 Miliar Rupiah untuk pembibitan (harian waspada 26 September 2010). 
setalah.
Hal inilah yang menjadikan komitmen dari Pemerintah Daerah yang berniat menjadikan kakao sebagai aikon Kabupaten Aceh Tenggara. dengan membagikan 1,2 Juta batang pada Oktober 2010 secara gratis dan penambahan lahan sekitar 1300 hektar pertahun, (http://media-nasional.org/kakao-komoditi-andalan-kabupaten-aceh-tenggara/) dengan berniat akan mendatangkan investor untuk produksinya. dan ternyata program ini dibantu juga oleh  Economic Developmen and Financing Facility (EDF) dengan sudah dilaksanakan dengan nama program PEKA (Peningkatan Ekonomi Kakao Aceh), Sehingga pada tanggal 26 Juli sampai dengan 6 Agustus 2010.
Setalah program ini berjalan hampir setahun, berbagai permasalahan mulai bermunculan seperti Banjir Bandang, Erosi, Perambahan Hutan (termasuk taman nasional), keringnya lahan-lahan produktif, dan berbagai masalah sosial lainnya.









Comments

Popular posts from this blog

Kamus Bahasa Alas-Indonesia

Marga-marga yang ada di Tanoh Alas Aceh Tenggara